Komponen Perangkat Keras Komputer

       Komputer merupakan perangkat teknologi informasi yang paling penting yang berperan dalam proses pengolahan, penyimpanan, dan penyajian  informasi. Agar dapat digunakan untuk memasukkan data, memproses data, da menghasilkan informasi maka perangkat komputer harus terdiri atas media masukan, CPU, dan media output. Perangkat Keras komputer dapat dibedakan atas lima macam, yaitu perangkat masukan (input), perangkat keluaran (output), perangkat simpanan (memory), perangkat pemroses dan perangkat I/O port.

A. Perangkat Masukan (Input Device)
     Perangkat masukan merupakan peralatan yang digunakan untuk memasukan data atau perintah kedalam komputer. Perangkat keras yang berfungsi untuk memasukkan data, antara lain :

1. Keyboard
       Keyboard adalah seperangkat tombol-tombol yang berfungsi sebagai media untuk memasukkan data. Masing-masing tombol keyboard mempunyai fungsi tertentu. Keyaboard mempunyai bentuk seperti tuts mesin ketik, dengan penambahan beberapa bagian. Ada dua jenis keyboard, yaitu keyboard dengan 83 kunci dan 101 kunci. Jika kita perhatikan dengan teliti, pada umumnya keyboard dapat dibagi menjadi tiga bagian, yaitu function key, alphanumeric keyboard, dan numeric keypad.
Untuk keyboard dengan 83 kunci, function key terletak di sebelah kiri yang ditandai dengan tulisan F1 hingga F10. Sedangkan keyboard dengan 101 kunci, function key terletak di atas dan ditandai dengan F1 hingga F12. 
 2.  Mouse


       Mouse ini biasanya berfungsi untuk memilih menu atau ikon, menggerakkan kursor atau layar, dan menampilkan menu-menu yang tidak ditampilkan dilayar. Singkatnya mouse ini memudahkan pemilihan dalam mengeksekusi perintah atu memasukkan data dalam program komputer.
3. Scanner



      Scanner adalha suatu alat elektronik yang fungsinya mirip dengan mesin fotokopi. Pada mesin fotokopi hasilnya langsung dapat dilihat pada kertas sedangkan scanner hasilnya ditampilkan pada layar monitor dahulu kemudian baru dapat diubah dan dimodifikasi sehingga tampilan dan hasilnya menjadi bagus yang kemudian dapat disimpan sebagai file, teks, dokumen, dan gambar

4. Kamera Digital 
5. Mic (Microphone)
6. Joystick
         Digunakan untuk mengendalikan aplikasi permainan (game) pada prinsipnya sama seperti cara kerja mouse. hanya saja penggerak penunjuk layar berupa tongkat kecil
7. Video

B. Perangkat I/O Port
         Port merupakan penghubung antara komputer dengan peralatan input atau output komputer. Bagian ini digunanakan untuk menerima atau mengirim data keluar sistem. Berbagai fungsi dan jenis port komputer yang tersedia, antara lain :
1. Port keyboard dan mouse yang berfungsi menghubungkan keyboard dan mouse dengan hardware komputer/CPU. Ada dua jenis port keyboard dan mouse, yaitu serial, PS/2 dan Port USB. Kedua jenis port ini hanya berbeda dalam bentuknya saja, pada dasarnya memiliki fungsi yang sama. Port serial berbentuk persegi empat sedangkan port PS/2 berbentuk bulat.



                                                        Gambar Port PS/2 dan Serial
2. Port Monitor, yang berfungsi menghubungkan monitor dengan hardware komputer/CPU

3. Port Printer, yang berfungsi menghubungkan printer dengan hardware komputer/CPU.
4. Port Kabel Power, yang berfungsi menghubungkan power supply dengan sumber arus listrik yang digunakan
 C. Perangkat Pemrosesan (Central Processing Unit)
 

         CPU (Central Processing Unit) adalah otak dari komputer yang mengatur dan memproses seluruh kerja komputer. CPU berbentuk IC yang biasanya diberi nama sesuai dengan tipenya, misalnya Intel Pentium, Intel Core i3, Intel Corel i5 dan sebagainya.

D. Perangkat Penyimpanan (Storage Device)
        Perangkat penyimpanan merupakan perangkat komputer yang bertugas untuk melakukan penyimpanan data. Perangkat penyimpana data dapat dibedakan menjadi dua macam, yaitu :
1. Internan Memory
Memori internal biasa disebut memori utama (main memory). Media penyimpanan yang berupa RAM (Random Access Memory) dan ROM (Read Only Memory)
2. Eksternal Memory
Media Penyimpanan yang berupa memory eksternal, antara lain Harddisk, Floppy Disk, Flash Disk, Memory Card, CD-ROM.

E. Perangkat Keluaran (Output Device)
         Perangkat keluaran adalah peralatan yang digunakan untuk melihat hasil pengolahan data atau perintah yang dilakukan oleh komputer. Beberapa contoh perangkat keluaran adalah Monitor, Printer, Plotter, Infocus/Proyektor dan speaker/audio.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar