Makalah Administrasi Gudep



MAKALAH
ADMINISTRASI GUDEP

Diajukan Untuk Memenuhi Salah Satu Tugas
Mata Kuliah Pramuka

Dosen : ……………………………..









DISUSUN OLEH :
KELOMPOK 5
1.    NENG SRI YULIANA
2.    WINDI NURYANI

SEMESTER : V (LIMA) PAI


SEKOLAH TINGGI AGAMA ISLAM
STAI ASSALAMIYAH
TAHUN AKADEMIK 2017/2018


BAB I
PENDAHULUAN

1.1  Latar Belakang
Administrasi dalam arti luas, adalah pengelolaan satuan yang meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan kepramukaan di satuan.
Administrasi dalam arti terbatas (sempit) ialah meliputi penataan dan penertiban secara tertulis atau kegiatan-kegiatan yang disebut tata usaha dalam Gugus Depan Gerakan Pramuka.
Gugus Depan sebagai pusat gerak dan wadah pembinaan pramuka, perlu didukung oleh administrasi secara tertib namun sederhana. Agar penyelenggaraan administrasi tersebut berjalan teratur, tertib dan berkesinambungan diperlukan pelbagai buku catatan. Buku catatan atau kelengkapan administrasi gugusdepan tersebut diantaranya adalah permintaan pendaftaran anggota, dan daftar induk. Juga catatan administrasi keuangan, buku inventarisasi, serta catatan pribadi anggota, dan buku tamu. Di samping itu pun perlu disusun logbook dan laporan semester. Tidak ketinggalan penyusunan program kerja 4 bulanan dan program kerja tahunan.

1.2  Rumusan Masalah
1.    Pengertian Administrasi dan Gugus Gerakan Pramuka
2.    Fungsi Administrasi
3.    Penggolongan Administrasi
4.    Surat Menyurat
5.    Administrasi Yang Diperlukan Di Gugus Depan / Ambalan




BAB II
ADMINISTRASI GUGUS DEPAN

2.1. PENGERTIAN
a.    Administrasi dalam arti luas, adalah pengelolaan satuan yang meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan kepramukaan di satuan.
b.    Administrasi dalam arti terbatas (sempit) ialah meliputi penataan dan penertiban secara tertulis atau kegiatan-kegiatan yang disebut tata usaha dalam Gugus Depan Gerakan Pramuka.
2.2 FUNGSI
Admnistrasi berfungsi :
a.    Untuk melaksanakan pengawasan, terhadap semua pekerjaan harus dilakukan menurut ketentuan.
b.    Sebagai pedoman pokok yang harus dilaksanakan untuk ditetapkan di lingkungan Organisasi Gerakan Pramuka.
2.3  PENGGOLONGAN ADMINISTRASI
Untuk mencapai tujuan, maka hal-hal yang berkaitan dengan tulis menulis, maka di golongkan sebagai berikut :
1)     Catatan
2)     Laporan
3)     Perencanaan, rencana dan program
4)     Keputusan
5)     Surat menyurat
2.4  SURAT MENYURAT
a.    Surat adalah suatu alat penyampaian berita secara tertulis yang berisi pemberitahuan, pernyataan permintaan dan lain-lain kepada pihak lain.
b.    Surat menyurat adalah kegiatan pengendalian arus berita baik tertulis maupun lisan yang timbul dari adanya pencatatan, laporan, perencanaan atau program dan keputusan yang memungkinkan adanya permintaan penjelasan penambahan kekurangan-kekurangan atau perubahan-perubahan.
c.    Cara penomoran surat (surat keluar) disusun sebagai berikut :
1)     Nomor urut surat keluar
2)     Kode Kwartir
3)     Kode Bidang / Gugus Depan
Contoh                            =  003/02.157-02.158 - C
003                                   =  Nomor urut surat keluar
02.157-02.158                  =  Nomor Gudep
C                                       =  Kegiatan
d. Distribusi pengiriman surat sesuai dengan alamat yang dicantumkan, baik alamat kepada maupun tembusan.
e. Susunan surat dapat dibagi dalam 3 (tiga) bagian yaitu :
1)  Kepala surat, yang terdiri dari :
a.     Nama organisasi/kesatuan
b.     Tempat, Tanggal, Bulan dan Tahun
c.      Nomor
d.     Klasifikasi (sifat)
e.      Lampiran
f.      Perihal/Hal
g.      Alamat
h.     u.p (untuk perhatian), apabila perlu
2)  Isi surat, terdiri dari :
a.     Pendahuluan
b.     Uraian/maksud
c.      Kalimat penutup
3)  Penutup surat, terdiri dari :
a.     Nama Jabatan
b.     Tanda Tangan
c.      Nama Pejabat
d.     Cap atau stempel
e.   Tembusan
f.     Surat menyurat dibagi dalam 2 (dua) macam yaitu :
1)   SURAT MASUK, ialah semua tulisan-tulisan atau berita-berita yang diterima dari instansi/pihak lain, yang penerimaannya dipusatkan di sekretariat atau bagian lain yang diberi wewenang untuk tugas itu.
2)   SURAT KELUAR, ialah semua tulisan-tulisan yang dikirimkan kepada instansi/pihak lain, yang setiap konsep untuk diajukan kepada pimpinan disalurkan melalui Kepada Sekretariat/Sekretaris atau pejabat yang diberi wewenang meneliti.

2.5 ADMINISTRASI YANG DIPERLUKAN DI GUGUS DEPAN / AMBALAN :
1.    Buku Induk Gugus Depan
2.    Buku Keuangan
3.    Buku Inventaris
4.    Buku Tamu
5.    Buku prestasi
6.    Buku acara latihan dan notulen Dewan Ambalan
7.    Log book /Daftar Peristiwa Penting
8.    Buku Presensi dan Iuran
9.    Buku Riwayat Ambalan
10. Buku Agenda Ambalan
11. Buku Catatan Ambalan
Buku-buku tersebut masih dapat ditambah lagi apabila memungkinkan untuk diadakan.




1.       Buku Induk Gugus Depan
No
NTA
Nama
TTL
Agama
Ortu/ Wali
Pekerjaan Ortu/ Wali
Alamat
Tgl Masuk
Ket


















































               
…………….., ….. …………… 20 ….
Pembina Gugus Depan,


(……………………..)
                                                              
2.    Buku Keuangan
Digunakan untuk mencatat keluar masuknya uang yang dimiliki Gudep/Ambalan baik dari kas mingguan, bulanan maupun uang dari usaha lain. Pada setiap akhir bulan diadakan penutupan kas dan diketahui pembina.
Formatnya dapat dibuat sbb :

KAS BULAN = ...............................
Tanggal
Uraian
Debet
Kredit
Saldo








Jumlah




Pradana

........................

Bendahara

..........................

Pembina

........................

Kolom debet untuk mengisi uang masuk, sedangkan kolom kredit untuk mengisi uang keluar. Pada akhir bulan diadakan penutupan kas dan pada baris jumlah, kolom debet dan kolom kredit harus sama/ diisikan pada bagian saldo (kalau ada), bahkan mungkin minus.
3.   Buku Inventaris
Mencatat tentang harta benda kekayaan milik Ambalan misalnya, Bendera Ambalan, Bendera Merah Putih, Bendera Semaphore dan Bendera Morse, tali tongkat, tenda, dll.
Format kolomnya dapat dibuat seperti berikut :
No
Nama Barang
Jumlah
Kode Barang
Harga
Tgl Pengadaan
Ket











…………….., ….. …………… 20 ….
Pembina Gugus Depan,


(……………………..)
                                                          

4.       Buku Tamu

No
Nama
Alamat
Jabatan
Tujuan
Saran/Pesan
Paraf







































5.       Buku Prestasi
Mencatat tentang prestasi anggota Ambalan dalam pencapaian SKU dari tingkat Bantara dan Laksana.
Formatnya dapat dibuat seperti berikut :
NO
NAMA
PENEGAK BANTARA/LAKSANA
KET
Tgl lulus
Tgl Lantik
Yang Lantik
Tempat Lantik

1.






2.






3.






Dst.







6.       Buku Acara Latihan dan Notulen Dewan Ambalan
Memuat tentang hasil pertemuan Ambalan yang membahas tentang latihan dengan format sbb :
1. Hari dan Tanggal                    : .........................................................
2. Tempat                                     : .........................................................
3. Hadir                                         : ............................................... orang
4. Acara                                        :   1. .....................................................
                                                          2. .....................................................
untuk notulen Dewan Ambalan formatnya sbb :
1. Hari dan Tanggal                    : .........................................................
2. Tempat                                     : .........................................................
3. Hadir                                         : ............................................... orang
4. Acara                                        : 1. .....................................................
                                                        2. .....................................................
5. Keputusan yang diambil        ..........................................................
                                                         ..........................................................



7.       Log Book
Mencatat tentang kejadian penting yang diambil regu. Kejadian penting yang perlu dicatat adalah kejadian yang mengesankan dan lucu, disertai dengan gambar-gambar karikaturik yang jenaka dengan sedikit kata-kata yang lucu namun sopan. Yang perlu dimasukkan ke log book adalah kesan-kesan yang positif, untuk kesan yang negatif hindarkan agar tidak menimbulkan kenangan yang jelek.
Log Book dapat dibuat untuk masing-masing anggota Sangga

8.  Buku Agenda Ambalan
Mencatat tentang surat masuk dan surat keluar
Formatnya dapat dibuat sbb :
No
Nomor Surat
Tanggal Surat
Dari/Kepada
Perihal
Kode Arsip
Tanggal
Terima
kirim












11.  Buku Catatan Ambalan
Mencatat segala sesuatu yang menyangkut tentang materi kepramukaan baik teori maupun praktek. Digunakan sebagai bahan acuan atau pedoman pada saat melaksanakan latihan maupun pada waktu mengikuti lomba kepramukaan.
 


BAB III
PENUTUP

3.1 Kesimpulan
Administrasi dalam arti luas, adalah pengelolaan satuan yang meliputi : perencanaan, pengorganisasian, pelaksanaan dan pengendalian kegiatan kepramukaan di satuan.
Administrasi dalam arti terbatas (sempit) ialah meliputi penataan dan penertiban secara tertulis atau kegiatan-kegiatan yang disebut tata usaha dalam Gugus Depan Gerakan Pramuka.
Gugus Depan sebagai pusat gerak dan wadah pembinaan pramuka, perlu didukung oleh administrasi secara tertib namun sederhana. Agar penyelenggaraan administrasi tersebut berjalan teratur, tertib dan berkesinambungan diperlukan pelbagai buku catatan. Buku catatan atau kelengkapan administrasi gugusdepan tersebut diantaranya adalah permintaan pendaftaran anggota, dan daftar induk. Juga catatan administrasi keuangan, buku inventarisasi, serta catatan pribadi anggota, dan buku tamu. Di samping itu pun perlu disusun logbook dan laporan semester. Tidak ketinggalan penyusunan program kerja 4 bulanan dan program kerja tahunan.

 



DAFTAR PUSTAKA

http://rahmatzoom.blogspot.co.id/2012/12/administrasi-gudep.html

Tidak ada komentar:

Posting Komentar