Definisi Komputer

Apa Itu Komputer ? 



Sebelum kita membahas komputer lebih jauh dan mendalam, sebaiknya kita mengenal dulu apa itu komputer ? 
Komputer merupakan salah satu dari sekian banyak kemajuan teknologi yang sangat populer dan trendy pada saat ini. Dengan menggunakan komputer inilah manusia dapat menyelesaikan pekerjaannya dengan cepat dan tepat karena komputer bisa membuat surat, membuat gambar, meracang logo, browsing di internet, mengirim email, dengan musik, nonton TV dan masih banyak lagi yang bisa dikerjakan oleh komputer.
Komputer sendiri berasal dari bahasa latin "Computare " yang arti alat untuk menghitung. komputer pertama kali diciptakan oleh Charles Babbage (1791-1871).

Definisi Komputer
Komputer adalah suatu alat elektronik yang dapat bekerja dengan capat dan akurat didalam menerima data (input), memproses data (procesing) dan menghasilkan keluaran yang berupa informasi (output)

Komponen Utama Pada Komputer
Adapun komponen utama pendukung komputer adalah Hardware, Software dan Brainware. 

Pengertian Hadware
Hadware adalah perangkat yang secara fisik dilihat lihat, dipegang dan dipindahkan
Hadware terbagi menjadi empat yaitu input device (perangkat masukan), output device (perangkat keluaran), storage device (perangkat penyimpanan) dan processing unit (perangkat pengolah data). Input Device (Perangkat Masukan) alatnya yaitu : mouse, keyboard, dan jos stick. Output Device (Perangkat Keluaran) alatnya yaitu : Monitor, Printer dan Speaker. Storage Device (Perangkat Penyimpanan) alatnya yaitu : Harddisk, Flasdisk, CD, Disket dan Memory Card. Sedangkan Processing Unit (Perangkat Pengelohah Data) yaitu CPU (Central Processing Unit)

Pengertian Software 
Software adalah program-program yang dipakai untuk menjalankan komputer. Sofware ini diklasisikasikan menjadi dua :
1. Operating System (OS) / Sistem Operasi 
    Sistem Software ini berfungsi untuk mengendalikan semua komponen (hardware) yang ada dikomputer baik input maupun output. Contoh dari Operating System (OS) adalah Microsoft windows, linux, Unix, Mac OS X dan DOS
2. Aplication Sofware (Sistem Aplikasi)
   Semua program-program yang dimasukan kedalam komputer untuk berbagai keperluan dan kepentingan. contohnya : ms.office, corel draw, adobe photoshop, mozila, winams, media player, dan lain-lain.

Pengertian Brainware
Brainware adalah istilah yang dipakai dalam ilmu komputer untuk menyebut masunia (operator, progreme, analisis dan teknisi) yang menjalankan komputer. Bransware disebut juga Piranti pandai. 


Penutup


Terima kasih atas kunjungan anda di Blog Panduan Ms. Office Lengkap serta membaca artikel saya.  Silahkan baca juga mengenai Langkah-Langkah Menghidupkan dan Mematikan Komputer yang Benar. Semoga artikel ini dapat bermanfaat.


Tidak ada komentar:

Posting Komentar